Batik Solo, Batik Membanggakan Milik Indonesia

Batik Solo, Batik Membanggakan Milik Indonesia – Negara Indonesia terkenal sebagai negara penghasil batik terbesar di dunia. Bukan itu saja, standar keunikan dan nilai estetik batik tanah air lebih tinggi dibandingkan batik keluaran Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan negeri negeri rumpun melayu lainnya. Bukankah ini membanggakan kita sebagai rakyat Indonesia?

Batik Indonesia telah di klaim sebagai hasil karya seni aset sejarah dunia yang sudah di legitimasi oleh badan PBB melalui Unesco. Progress ini tentunya mengharumkan nama Indonesia di mata dunia sebagai ikonnya. Maka dari itu, batik harus tetap dilestarikan supaya eksistensinya terus terjaga. Salah satu batik kebanggaan Indonesia yang mesti dirawat keberadaannya dengan baik adalah batik solo.

batik solo

Batik Solo Merupakan  Batik Terbaik Indonesia

Negara Indonesia memiliki kota kota yang terkenal dengan seni membatiknya. Selain Bali dan Madura, Indonesia masih memiliki kota Yogyakarta, Cirebon, Majalengka, jepara yang populer sebagai penghasil batik paling progresif di tanah air. Ada satu kota yang hasil batiknya di cap terbaik di dunia selain Yogyakarta. Batik ini memiliki motif yang khas dengan perpaduan warna dan estetika pelukisan yang unik pula. Nama kota tersebut adalah kota solo dengan batik andalannya yaitu batik solo.

Keunikan dari batik solo terletak pada motif atau gambarnya. Motif batik solo memiliki filosofi masa lampau yang tetap bertahan sampai saat ini. Biasanya filosofi ini berhubungan dengan interaksi baik antara Solo dengan Cina atau filosofi spiritual antara islam dengan budha yang merupakan agama terbesar tanah air di kala itu. Uniknya filosofi ini tetap digunakan pada batik solo modern dan kontemporer.

Macam macam Motif Batik Solo

Kota solo terkenal sebagai kota batik dengan motif batik terbanyak. Ribuan motif batik telah diperkenalkan ke masyarakat. Semua motif ini memiliki filosofi tersendiri yang diambil dari dinamika kehidupan masyarakat solo. Selain mengandung filosofi indah, motif motif batik solo juga mempunyai perpaduan warna dan pola arsiran halus yang tidak ditemukan di daerah lain.

Ini dia beberapa macam motif batik solo yang perlu anda ketahui, yaitu :

  1. Motif kawung
  2. Motif Parang
  3. Motif Sawat
  4. Motif Sidomukti

Motif Kawung

Batik motif kawung terinspirasi dari buah khas solo yang disebut buah kawung. Motif batik ini berbentuk bulat bulat kecil yang disusun secara rapi berbentuk geometris. Motif ini mengandung arti kesucian dan umur panjang

Motif Parang

Motif parang merupakan motif batik solo paling kuno dan antik. Motif batik ini hanya berbentuk permainan garis diagonal yang diarsir dari atas ke bawah berbentuk lerengan. Diantara garis ini diletakkan motif huruf S laksana ombak yang bersusun. Arti dari motif ini adalah pesan untuk tidak patah semangat ketika menjalani kehidupan.

Motif Sawat

Motif sawat merupakan motif batik solo yang sangat sederhana tetapi berkelas. Motif ini biasanya digunakan oleh para raja. Motif sawat bergambar sayap yang ditulis secara bertumpuk tumpuk tetapi rapi. Filosofi dari motif ini adalah kekuasaan dan spiritual.

Motif Sidomukti

Motif batik sidomukti merupakan batik solo yang paling populer. Bahkan pada pakaian pakaian adat di jawa dikabarkan menjadikan motif sidomukti sebagai inspirasinya. Motif sidomukti merupakan motif batik solo yang mudah ditemukan. Walaupun begitu, nilai estetikanya masih tetap tinggi.

Batik solo merupakan batik kebanggaan Indonesia. Posisinya diantara genre batik daerah lain lebih tinggi dengan jumlah motif terbanyak. Penting kiranya jika batik solo kita lestarikan sepanjang hayat.

Ini dia tempatnya batik Solo berkualitas, klik saja disini : https://tokobatik.id/

silahkan hubungi kami di :

WA : 087729928943
HP : 0819099601747
Pin BB : 5C559FB2, 5B87172B

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s